Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CARA MELAKUKAN PEMUTAKHIRAN DATA CALON PESERTA PPG DALJAB TAHUN 2024

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

CARA MELAKUKAN PEMUTAKHIRAN DATA CALON PESERTA PPG DALJAB TAHUN 2024

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga segera mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang belajar, semoga mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

WAHYUDIANSYAH.COM – Cara Melakukan Pemutakhiran Data Calon Peserta PPG Daljab Tahun 2024

Berdasarkan Surat Edaran dari Kemendikbud Ristek Nomor 1140/B2/GT.00.02/2024 tanggal 8 Juni 2024 dapat diketahui informasi mengenai Pemutakhiran Data Calon Peserta Pendidikan Profesi Guru (PPG). Tentu ini menjadi angin segar sekaligus harapan terbesar bagi kita yang belum terpanggil untuk bisa menjadi salah satu perta yang akan mengikuti PPG Daljab ditahun ini. Maka dari itu Langkah yang harus kita lakukan adalah memutakhirkan data individu melalui aplikasi dapodik dan laman verval PTK serta laman Manajemen PTK Dapodik.

Adapun isi surat edaran mengenai pemutakhiran data calon peserta PPG Daljab tahun 2024, yaitu sebagai berikut:

Dalam rangka pelaksanaan Pendidikan Profesi Guru (PPG), Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan melalui Direktorat Pendidikan Profesi Guru akan melakukan pemutakhiran data calon peserta PPG melalui aplikasi Dapodik.

Sehubungan dengan hal tersebut, kami sampaikan beberapa informasi sebagai berikut:

1. Data yang perlu dimutakhirkan, yaitu:

a. nama lengkap (tanpa gelar akademik/keagamaan), Nomor Induk Kependudukan (NIK), tempat lahir, dan tanggal lahir melalui laman verval PTK (https://vervalptk.data.kemdikbud.go.id)

b. riwayat pendidikan formal mulai dari jenjang pendidikan dasar hingga pendidikan terakhir melalui Manajemen Individu PTK (https://ptk.datadik.kemdikbud.go.id)

c. riwayat karir guru mulai dari pertama kali mengajar melalui Aplikasi Dapodik; dan

d. status sekolah induk (tidak boleh lebih dari 1), status kepegawaian, dan jenis PTK melalui Manajemen Dinas Pendidikan (https://datadik.kemdikbud.go.id).

2. Batas waktu pemutakhiran data dimaksud adalah tanggal 30 Juni 2024 pukul 23.59 WIB.

CARA MELAKUKAN PEMUTAKHIRAN DATA CALON PESERTA PPG DALJAB TAHUN 2024

Dari uraian tersebut dapat diketahui beberapa Langkah yang harus diselesaikan oleh guru, baik itu PNS maupun Non ASN guna melakukan pemutakhiran data untuk bisa menjadi kandidat calon Peserta PPG Daljab tahun 2024. Langkah pertama kita dapat mengakses laman Verval PTK, yang mana pada laman ini kita diarahkan untuk melihat data pribadi sesuai dengan yang ada pada aplikasi dapodik. Data pribadi tanpa menggunakan gelar, kemudian NIK, NUPTK valid dengan ciri tanda centang berwarna hijau. Selanjutnya pada bagian kedua ini kita diharuskan menginput Riwayat Pendidikan dari jenjang SD/sederajat, SMP/sederajat, SMA/sederajat hingga perguruan tinggi S1 melalui laman manajemen dapodik atau biasa disebut dengan PTK Datadik. Pada Riwayat Pendidikan ini bisa diinput secara mandiri oleh guru yang bersangkutan tanpa harus dibantu oleh Operator Sekolah dengan syarat guru tersebut mengetahui akun PTK nya sendiri yang ada di dapodik. Pada bagian ketiga ini kita sebagai guru diharuskan mengisi Riwayat Karier dengan memasukkan SK Pertama sebagai guru melalui aplikasi dapodik. Adapun petunjuk pengisian atau penambahan Riwayat karier ini sudah ada pada aplikasi dapodik sekolah. Pada bagian terakhir ini adalah kita memastikan bahwa bertugas disekolah induk dan tidak mencabang dengan sekolah lain untuk tugasnya, kemudian untuk melihat terdaftar pada sekolah induk atau tidaknya dapat mengakses aplikasi dapodik lalu memilih menu penugasan. Di menu penugasan itulah kita dapat melihat apakah terdata di sekolah induk atau tidak.

Download Surat Edaran Pemutakhiran Data Calon Peserta PPG Daljab Tahun 2024 disini

AKHIR KATA

Mungkin itu saja yang dapat mimin bagikan mengenai Cara Melakukan Pemutakhiran Data Calon Peserta PPG Daljab Tahun 2024. Yang man pemutakhiran data ini sangat penting dilakukan sebagai Langkah awal untuk menjadi salah satu kandidat calon peserta PPG Daljab tahun 2024.

Bagi anda yang ingin berbagi Informasi lain tentang Cara Melakukan Pemutakhiran Data Calon Peserta PPG Daljab Tahun 2024 ini agar sekiranya dapat menuliskannya pada kolom komentar yang ada dibagian bawah artikel ini. Terakhir semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimanapun berada dan mohon maaf apabila terdapat kesalahan didalam penulisan atau ada kalimat yang sulit untuk dipahami, agar sekiranya dapat memakluminya. 

Posting Komentar untuk "CARA MELAKUKAN PEMUTAKHIRAN DATA CALON PESERTA PPG DALJAB TAHUN 2024"