Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 DOKUMEN YANG PERLU DIPERSIAPKAN UNTUK PENDAFTARAN CASN 2024

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

6 DOKUMEN YANG PERLU DIPERSIAPKAN UNTUK PENDAFTARAN CASN 2024

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga segera mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang belajar, semoga mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

WAHYUDIANSYAH.COM – 6 Dokumen Yang Perlu Dipersiapkan Untuk Pendaftaran CASN 2024

Berdasarkan informasi dari MENPAN RB bahwa pengadaan CASN untuk CPNS dan PPPK tahun 2024 yang semula diwacanakan pada bulan Juni-Juli akhirnya ditunda ke bulan Juli-Agustus. Adapun untuk kapan CASN 2024 ini dibuka secara resmi masih belum diketahui kapan tanggal dimulainya. Namun sekarang ini kita sudah memasuki minggu ke 2 bulan Juli dan tidak menutup kemungkinan Seleksi CASN CPNS dan PPPK Tahun 2024 akan dibuka dalam Waktu dekat.

Tentunya bagi seluruh Non ASN diberbagai instansi sudah tidak sabar menunggu dibukanya pendaftaran CASN CPNS dan PPPK tahun 2024 ini. Harapannya sangat besar supaya tahun ini bisa menjadi ASN diberbagai bidang sesuai dengan yang ingin dilamar, apalagi kouta yang dipersiapkan untuk pengadaan CASN tahun 2024 ini cukup besar dengan beragam jenjang ijazah yang dimiliki dapat melakukan pendaftaran secara online.

Sebelum melakukan pendaftaran ada baiknya kita mempersiapkan beberapa dokumen yang biasanya digunakan saat melakukan pendaftaran, berikut merupakan 6 dokumen penting yang perlu dipersiapkan sebelum melakukan pendaftaran CASN CPNS dan PPPK tahun 2024, yaitu:

1. Kartu Keluarga (KK)

Untuk Kartu Keluarga (KK) ini memang tidak di upload saat melakukan registrasi pendafataran, tetapi Kartu Keluarga (KK) memiliki peran penting saat kita ingin membuat akun pendaftaran untuk bisa login pada system CASN. Dalam pembuatan akun ini kita diharuskan mengisikan nomor Kartu Keluarga, NIK, tempat lahir setingkat kabupaten dan sebagainya. Setelah berhasil melakukan registrasi dan mendapatkan akun, baru selanjutnya kita bisa login pada system CASN dan melengkapi pendaftaran berikutnya.  

2. Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik. Jika belum memiliki, dapat diganti dengan surat keterangan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. KTP ini nantinya akan di upload saat melengkapi berkas adminstrasi pendaftaran dan juga sebagai alat yang digunakan untuk membuat swafoto.

3. Ijazah dan Transkip Nilai

Ijazah dan transkip nilai juga menjadi bagian terpenting dalam melengkapi syarat administrasi pendaftaran CASN, hal ini dikarenakan Ijazah dan transkip nilai nantinya di upload pada laman CASN dan ijazah yang digunakan dalah yang asli. Selain itu Ijazah juga memiliki peran penting bagi kita nantinya untuk menyesuaikan dengan jurusan yang akan dipilih saat melakukan pendaftaran. 

4. Pas foto berwarna

Mungkin dibergai instansi memiliki perbedaan tentang pas foto yang digunakan dan diupload untuk perlengkapan berkas administrasi pendaftaran CASN. Namun dari pengalaman beberapan tahun yang lalu pas foto yang digunakan dalah pas foto dengan latar berwarna merah dan menggunakan pakaian yang resmi atau sopan.

5. Swafoto atau selfie

Setelah berhasil login pada system CASN maka Langkah selanjutnya adalah melakukan swafoto secara langsung, baik itu saat melakukan pendaftaran menggunakan handphone maupun laptop. Jadi, Ketika ingin melakukan penadaftaran ada baiknya mempersiapkan diri dan pakainya secara baik serta sopan.

6. Dokumen lain yang diperlukan sesuai dengan kementerian atau instansi yang dilamar

Untuk dokumen ini biasanya akan dibagikan oleh PEMDA setempat engan beriringan dengan surat edaran resmi terkait pelaksanaan CASN CPNS dan PPPK Tahun 2024.

AKHIR KATA

Mungkin itu saja yang dapat mimin bagikan mengenai 6 Dokumen Yang Perlu Dipersiapkan Untuk Pendaftaran CASN 2024. Yang mana persiapan ini sangat penting dilakukan sejak dini supaya nantinya tidak ketetran lantaran berkas yang diinginkan belum terkumpul. Jika berkas yang dimiliki sudah terkumpul maka Ketika pendafaran CASN CPNS dan PPPK tahun 2024 telah dibuka secara resmi maka kita hanya tinggal melanjutkan untuk melakukan pendafataran saja lagi. Lantaran semua berkas atau dokumen telah dipersiapkan dari awal. 

Bagi anda yang ingin berbagi Informasi lain tentang Dokumen Yang Perlu Dipersiapkan Untuk Pendaftaran CASN 2024 ini agar sekiranya dapat menuliskannya pada kolom komentar yang ada dibagian bawah artikel ini. Terakhir semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimanapun berada dan mohon maaf apabila terdapat kesalahan didalam penulisan atau ada kalimat yang sulit untuk dipahami, agar sekiranya dapat memakluminya.

Posting Komentar untuk "6 DOKUMEN YANG PERLU DIPERSIAPKAN UNTUK PENDAFTARAN CASN 2024"