Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

SEGERA CEK SIM PKB UNTUK INFORMASI PILOTING PPG DALJAB TAHUN 2024

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

SEGERA CEK SIM PKB UNTUK INFORMASI PILOTING PPG DALJAB TAHUN 2024

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga segera mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang belajar, semoga mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

WAHYUDIANSYAH.COM – Segera Cek SIM PKB Untuk Informasi Piloting PPG Daljab Tahun 2024

Akhirnya yang ditunggu-tunggu oleh para Guru yang belum sertifikasi sudah mendapatkan lampu hijau dari Kemendikbud, yang mana berdasarkan Surat Edaran Kemendikbud Ristek tertanggal 19 Juli 2024 perihal Informasi Persiapan dan Pelaksanaan Piloting Pendidikan Profesi Guru (PPG) Bagi Guru Tertentu (Dalam Jabatan) Tahun 2024. Tentunya ini menjadi angin segar bagi para guru baik itu yang berstatus Non ASN maupun ASN yang belum sertifikasi berharap agar terpanggil menjadi salah satu peserta yang bisa mengikuti kegiatan PPG Daljab Bagi Guru Tertentu. Berdasarkan Surat Edaran tersebut juga dapat diketahui jadwal pelaksanaannya PPG Daljab tahun 2024, berikut jadwal lengkapnya yaitu:

  1. Pemanggilan Peserta di SIMPKB 22 s.d. 26 Juli 2024
  2. Lapor diri dan Orientasi di LPTK 23 s.d. 31 Juli 2024
  3. Pembelajaran mandiri di PMM 24 Juli s.d. 4 September 2024
  4. Pendaftaran UKPPPG di PMM 9 Agustus s.d. 7 September 2024
  5. Unggah Dokumen UKPPPG 11 s.d. 15 September 2024
  6. Pelaksanaan Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK) 21 s.d. 22 September 2024
  7. Pelaksanaan Penilaian Ujian Kinerja 23 s.d. 29 September 2024
  8. Pengumuman UKPPPG 8 Oktober 2024

Dari jadwal tersebut dapat kita ketahui bahwa undangan untuk menjadi calon peserta PPG Daljab tahun 2024 ini melalui akun SIM PKB masing-masing dan dimulai pengecekan pada laman tersebut sejak tanggal 22 s.d. 26 Juli 2024. Adapun untuk mengetahui undangan tersebut, anda dapat mengikuti Langkah berikut ini:

  1. Silahkan login pada laman https://paspor-gtk.simpkb.id/casgpo/login?service=https%3A%2F%2Fgtk.belajar.kemdikbud.go.id%2Fauth%2Flogin
  2. Silahkan masukkan Username dan Password SIM PKB anda, dan jika lupa password maka anda dapat menghubungi ketua komunitas untuk Riset password
  3. Pada laman dashboard SIM PKB, silahkan pilih menu Program Lain pada titik 9 di pojok kanan atas dan pilih PPG - Dalam Jabatan. Maka secara otomatis anda diarahkan pada laman PPG Daljab Kemendikbud
  4. Jika terundang maka akan ada tampilan yang muncul pada dashboard PPG Daljab tersebut dan silakan klik bersedia untuk mengikuti pembelajaran PPG Daljab melalui akun PMM seperti yang telah diinformasikan beberapa Waktu lalu
  5. Langkah terakhir setelah memilih BERSEDIA, anda diharuskan mengisi menu LAPOR DIRI dengan melengkapi beberapa persyaratan yang telah diberikan. Adapun persyaratan ini tentunya akan berbeda-beda antara LPTK satu dengan yang lainnya.
  6. Untuk mengetahui berkas Lapor Diri dimasing-masing LPTK, maka anda dapat mengakses laman berikut ini: https://ppg.kemdikbud.go.id/info-lptk

Adapun beberapa Contoh berkas yang harus dipenuhi untuk LAPOR DIRI bagi peserta yang akan mengikuti PPG Daljab Tahun 2024 ini, diantaranya:

  1. Pakta Integritas (terlampir)
  2. Scan Ijazah S1/DIV yang dilegalisir
  3. Scan Transkrip Nilai S1/DIV
  4. Scan Kartu Identitas KTP/SIM
  5. Scan Pas Foto Berwarna dimensi 4 x 6 
  6. Scan Surat Keterangan Sehat (dari fasilitas layanan kesehatan)
  7. Scan Surat Keterangan Berkelakuan Baik dari Kepolisian
  8. Scan Surat Bebas Narkotika, Psikotropika, dan Zat adiktif lainnya/NAPZA 
  9. Scan NPWP (bagi yang memiliki)

Mungkin secara dasar itu beberapa dokumen yang perlu dipersiapkan bagi peserta yang terpanggil untuk mengikuti PPG Daljab tahun 2024, Adapun persyaratan tambahan itu tergantung LPTKnya masing-masing. Dan satu lagi yang perlu anda ketahui bahwa jadwal yang telah ditetapkan sebelumnya sewaktu-waktu bisa saja mengalami perubahan.

Downlaod Surat Edaran Kemendikbud Ristek Perihal PPG Daljab Bagi Guru Tertentu Tahun 2024 disini

AKHIR KATA

Mungkin itu saja yang dapat mimin bagikan mengenai Segera Cek SIM PKB Untuk Informasi Piloting PPG Daljab Tahun 2024. Yang mana ini menjadi sebuah informasi bagi seluruh guru yang ada di Negara Indonesia yang belum sertifikasi baik itu Non ASN maupun ASN untuk bisa melakukan pengecekan pada akun SIM PKB nya masing-masing guna memastikan bahwa terpanggil atau tidaknya sebagai salah satu peserta PPG Daljab bagi Guru Tertentu tahun 2024. Tentunya kita semua memiliki harapan besar bisa terpanggil ditahun ini sebagai peserta PPG Daljab, dan andaipun tidak terpanggil maka tidak perlu berkecil hati sebab masih ada kesempatan ditahun-tahun berikutnya. Yang terpenting adalah berdo'a serta selalu optimis akan terpanggil untuk mengikuti PPG Daljab ditahun berikutnya dan mendapatkan hasil yang sesuai dengan harapan.

Bagi anda yang ingin berbagi Informasi lain tentang Piloting PPG Daljab Tahun 2024 ini agar sekiranya dapat menuliskannya pada kolom komentar yang ada dibagian bawah artikel ini. Terakhir semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimanapun berada dan mohon maaf apabila terdapat kesalahan didalam penulisan atau ada kalimat yang sulit untuk dipahami, agar sekiranya dapat memakluminya. 

Posting Komentar untuk "SEGERA CEK SIM PKB UNTUK INFORMASI PILOTING PPG DALJAB TAHUN 2024"