Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

JADWAL PELAKSANAAN ASESMEN NASIONAL (ANBK) TINGKAT SD TAHUN 2024

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

JADWAL PELAKSANAAN ASESMEN NASIONAL (ANBK) TINGKAT SD TAHUN 2024

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga segera mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang belajar, semoga mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

WAHYUDIANSYAH.COM – Jadwal Pelaksanaan Asesmen Nasional (ANBK) Tingkat SD Tahun 2024

Berdasarkan Surat Edaran dari KEMENDIKBUD RISTEK BADAN STANDAR, KURIKULUM DAN ASESMEN PENDIDIKAN Tertanggal 5 April 2024 dengan Nomor: 2045/H.H4/SK.01.01/2024 Perihal Jadwal Pelaksanaan Asesmen Nasional Tahun 2024 dapat menjadi acuan kita sebagai pihak sekolah untuk mempersiapkan diri dalam menyambut pelaksanaan ANBK Tahun 2024 dari jenjang SMA/Sederajat hingga SD/sederajat. Beberapa point penting yang kita dapatkan dari Surat Edaran tersebut, antara lain:

  1. Penyampaian informasi jadwal pelaksanaan Asesmen Nasional Tahun 2024
  2. Penyampaian informasi tentang Asesmen Nasional dan tempat pelaksanaan Asesmen Nasional pada satuan Pendidikan 
  3. Penyampaian informasi terkait Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi tentang Asesmen Nasional dan Pedomen penyelenggaraan Asesmen Nasional pada satuan Pendidikan melalui laman https://pusmendik.kemdikbud.go.id/an/page/download/3

Dan dalam kesempatan kali ini mimin ingin berbagi informasi tentang jadwal pelaksanaan Asesmen Nasional pada satuan Pendidikan jenjang SD/sederajat. Pelaksanaan ANBK Tahun 2024 untuk jenjang SD/sederajat dilaksanakan dalam 2 tahap, pada tahap 1 diselenggarakan tanggal 28 - 31 Oktober 2024 dan pada tahap 2 diselenggarakan tanggal 4 - 7 November 2024. Adapun jadwal lengkap pelaksanaan Asesmen Nasional tahun 2024 khusus untuk jenjang SD/sederajat, yaitu:

Jadwal ANBK 2024 Jenjang SD:

20 - 22 September 2024 Sinkronisasi Simulasi AN SD sederajat

23 - 26 September 2024 Simulasi AN SD sederajat

11 - 13 Oktober 2024 Sinkronisasi Gladi Bersih AN SD sederajat Tahap I

14 - 17 Oktober 2024 Gladi Bersih AN SD sederajat Tahap I

18 - 20 Oktober 2024 Sinkronisasi Gladi Bersih AN SD sederajat Tahap II

21 - 24 Oktober 2024 Gladi Bersih AN SD sederajat Tahap II

25 - 27 Oktober 2024 Sinkronisasi Pelaksanaan AN SD sederajat Tahap I

28 - 31 Oktober 2024 Pelaksanaan AN SD sederajat Tahap I

2 - 3 November 2024 Pelaksanaan AN Paket A Tahap I

1 - 3 November 2024 Sinkronisasi Pelaksanaan AN SD sederajat Tahap II

4 - 7 November 2024 Pelaksanaan AN SD sederajat Tahap II

9 - 10 November 2024 Pelaksanaan AN Paket A Tahap II

Nah, dari jadwal yang telah ada maka pihak satuan Pendidikan pada jenjang SD/sederajat dapat mempersiapkan diri sejak dini. Kegiatan yang bisa dilakukan adalah melakukan rapat sekolah dalam hal penunjukan petugas teknis, proktor, pengawas saat pelaksanaan ANBK nantinya. Selain itu, sekolah juga dapat melihat dan menentukan jumlah para peserta yang akan mengikuti kegiatan Asesmen Nasional tahun 2024 ini yaitu kelas 5 SD. Dengan mengetahui jumlah peserta didiknya maka pihak sekolah dapat mempersiapkan beberapa peralatan pendukung dalam pelaksanaan ANBK nantinya, seperti halnya laptop atau chromebook. Sekolah juga harus menentukan mode pelaksanaan ANBK Tahun 2024 ini, apakah dilaksanakan secara Mandiri atau Menupang. Jika peralatan yang dimiliki memadai dan jaringan internet yang lancer maka dapat memilih mode Mandiri. Oleh sebab itu, hal ini sangat penting dipersiapkan sejak dini supaya pelaksanaan ANBK nantinya dapat berjalan dengan lancar.

Download Surat Edaran Jadwal Pelaksanaan Asesmen Nasional Tahun 2024 disini

AKHIR KATA

Mungkin itu saja yang dapat mimin bagikan mengenai Jadwal Pelaksanaan Asesmen Nasional (ANBK) Tingkat SD Tahun 2024. Yang mana dengan adanya jadwal yang pelaksanaan ANBK yang telah dirilis oleh Kementerian, maka pihak sekolah khususnya tingkat/jenjang SD/sederajat dapat mempersiapkan berbagai alat dan administrasi yang nantinya akan digunakan saat pelaksanaan ANBK berlagnsung.

Bagi anda yang ingin berbagi Informasi lain tentang Jadwal Pelaksanaan Asesmen Nasional (ANBK) Tingkat SD Tahun 2024 ini agar sekiranya dapat menuliskannya pada kolom komentar yang ada dibagian bawah artikel ini. Terakhir semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimanapun berada dan mohon maaf apabila terdapat kesalahan didalam penulisan atau ada kalimat yang sulit untuk dipahami, agar sekiranya dapat memakluminya.  

Posting Komentar untuk "JADWAL PELAKSANAAN ASESMEN NASIONAL (ANBK) TINGKAT SD TAHUN 2024"