Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Informasi Terkait Pengadaan PPPK Tahun 2024

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

Informasi Terkait Pengadaan PPPK Tahun 2024

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga segera mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang belajar, semoga mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

WAHYUDIANSYAH.COM – Informasi Terkait Pengadaan PPPK Tahun 2024 

Dilasir dari sumber informasi Menpan RB terkait pengadaan PPPK Tahun 2024 ini terdapat beragam hal yang mesti kita pahami supaya tidak terjadi kesalahan dalam melakukan pendaftaran nantinya. Dilansir informasi dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) bahwanya bagi para pelamar CASN Tahun 2024 ini hanya boleh melamar 1 instansi saja, baik itu CPNS ataupun PPPK. Jika seseorang telah melakukan pendaftaran hingga submit dibagian akhir pada instansi CPNS, maka ia tidak akan bisa mendaftar ulang Kembali untuk mengikuti seleksi PPPK. Dengan demikian 1 NIK hanya bisa dipakai untuk mendaftar disalah satu instansi yang tersedia, yaitu CPNS maupun PPPK.

Berdasarkan informasi yang beredar terkait pengadaan dan perencanaan PPPK Tahun 2024 yang bersumber dari hasil zoom meet Menpan RB Bersama para pejabatan instansi dimasing-masing daerah dan dari siaran You Tube dapat kita ketahui beberapa hal, diantaranya:

  1. Melaksanakan proses pengadaan sesuai dengan kebutuhan peraturan perundang-undangan
  2. Menjaga integritas dan moralitas pengadaan
  3. Mencermati kualifikasi, jabatan dan unit kerja
  4. Mengikuti tahap seleksi yang telah ditetapkan
  5. Memperhatikan alokasi untuk kebutuhan tertentu

Dari 5 point tersebut dapat kita ketahui bahwa di point nomor 3 dijelaskan bagi tenaga Guru yang akan mengikuti atau mendaftarkan diri pada seleksi PPPK Tahun 2024 harus memastikan bahwa kualifikasi ijazah yang dimiliki harus sesuai dengan jabatan yang dikerjakan pada unit kerjanya atau dalam kata lain dikatakan dengan linieritas antara ijazah dengan tugas yang dilakukan sebagai guru. Misalnya, jika ijazah yang dimiliki adalah S1 Pendidikan Agama Islam (PAI) maka ia harus mengajar dengan mata pelajaran tersebut atau yang serumpun dengan ijazahnya, dan bukannya mengajar sebagai guru PJOK ataupun guru kelas. Hal semacam ini jangan dianggap remeh, karena dikhawatirkan Ketika seleksi PPPK Tahun 2024 resmi dibuka kita tidak dapat melakukan pendaftaran lantaran tidak linieritasnya antara kualifikasi Pendidikan dengan tempat tugas.

Selanjutnya hal-hal yang perlu diperhatikan bagi para pelamar PPPK Tahun 2024, antara lain:

Apabila melamar:

- lebih dari 1 instansi dan/atau jenis pengadaan dan/atau 1 jenis jabatan, atau menggunakan 2 nomor identitas kependudukan yang berbeda maka akan dianggap gugur dan/atau dapat dikenakan sanksi sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

- pelamar dilarang membantu dan/atau melakukan kecurangan pada seluruh tahapan pengadaan pegawai ASN.

- dalam hal pelamar terbukti membantu dan/atau melakukan kecurangan, maka pelamar dinyatakan gugur dan tidak boleh melamar pada penerimaan ASN.

- dalam hal pelamar yang sudah dinyatakan lulus tahap akhir seleksi dan/atau sudah mendapatkan nomor induk calon PNS atau PPPK kemudian mengundurkan diri, kepada yang bersangkutan dikenakan sanksi tidak boleh melamar pada penerimaan ASN untuk 2 tahun anggaran pengadaan Pegawai ASN berikutnya.

Untuk itu hal terbaik yang bisa kita lakukan sekarang ini adalah membaca berita-berita terkait pengadaan PPPK tahun 2024 disitus-situs resmi pemerintah untuk mendapatkan beragam informasi terbaru dan mengikuti seleksi sesuai dengan petunjuk yang telah diterbitkan oleh pemerintah pusat ataupun pemerintah daerah. 

AKHIR KATA

Mungkin itu saja yang dapat mimin bagikan mengenai Informasi Terkait Pengadaan PPPK Tahun 2024. Yang mana pendaftaran PPPK tahun 2024 ini sangat kita tunggu-tunggu bagi tenaga Non ASN pada bidang teknis, guru maupun Kesehatan. Kapan dibukanya pendaftaran PPPK tahun 2024 ini, kita harus menunggu inforsi di website atau channel-channel resmi seperti BKN, PAN RB, Kemendikbud, Kemenag dan sebagainya supaya tidak termakan berita HOAX. Bagi anda yang ingin berbagi Informasi lain tentang pengadaan PPPK Tahun 2024 ini agar sekiranya dapat menuliskannya pada kolom komentar yang ada dibagian bawah artikel ini. Terakhir semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimanapun berada dan mohon maaf apabila terdapat kesalahan didalam penulisan atau ada kalimat yang sulit untuk dipahami, agar sekiranya dapat memakluminya.  

Posting Komentar untuk "Informasi Terkait Pengadaan PPPK Tahun 2024"