Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Informasi Terkait Rekrutmen Calon Guru Penggerak Angkatan 12

Assalamu’alaikum warahmatullahiwabarakatuh

Informasi Terkait Rekrutmen Calon Guru Penggerak Angkatan 12

Bagaimana kabar anda hari ini? Semoga selalu sehat-sehat saja, dan saya do’akan kepada siapa pun yang telah membaca artikel ini, supaya:

  1. Yang belum dapat jodoh, semoga segera dapat jodoh. Aamiin….
  2. Yang belum dapat pekerjaan, semoga segera mendapatkan pekerjaan. Aamiin….
  3. Yang sedang bekerja, mudah-mudahan rezkinya makin melimpah. Aamiin….
  4. Yang sedang belajar, semoga mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Aamiin….

WAHYUDIANSYAH.COM – Informasi Terkait Rekrutmen Calon Guru Penggerak Angkatan 12 

Mungkin ini kesempatan terakhir bagi para guru yang akan mengikuti program Kemendikbud Ristek di era tahun 2024 melalui program Calon Guru Penggerak Angkatan 12 Tahun 2024. Hal ini dikarenakan pada tahun yang akan dating mungkin sudah bergantinya Menteri lama dengan Menteri yang baru sehingga tidak menutup kemungkinan akan ada program baru yang diluncurkan oleh Kemendikbud Ristek sebagai pengganti Program Guru Penggerak atau tetap melanjutkan program yang telah ada di pemerintahan yang baru nantinya.

Berdasarkan SE Kemendikbud Ristek Nomor Manual.708/B3/GT.03.00/2024 Tanggal 07 Agustus 2024 perihal Rekrutmen Calon Pengajar Praktik (CPP) Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 12. Adapun isi dari SE Kemendikbd Ristek tersebut, yaitu antara lain:

Dalam rangka menindaklanjuti peluncuran kebijakan Merdeka Belajar Episode kelima: Guru Penggerak, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi menyelenggarakan Pendidikan Guru Penggerak (PGP). Tujuannya untuk menghasilkan Guru Penggerak yang berperan menggerakkan komunitas belajar bagi guru di sekolah dan di wilayahnya serta menumbuhkan kepemimpinan murid untuk mewujudkan Profil Pelajar Pancasila.

Pendidikan guru penggerak mulai berjalan pada tahun 2020, dan telah meluluskan sampai sebelas angkatan yang jumlahnya sudah mencapai seratus ribu. Penyelenggaraan PGP mulai masif melibatkan guru penggerak (alumni) sebagai pengajar praktik. Sasaran PGP angkatan 12 diproyeksikan pada 133 kabupaten/kota dari 514 kabupaten/kota di seluruh Indonesia. Sasaran wilayah rekrutmen calon pengajar praktik disajikan pada Lampiran 1.

Proses pelaksanaan rekrutmen CPP melalui tahapan-tahapan seleksi. Sehubungan dengan hal tersebut, kami menginformasikan beberapa hal terkait sebagai berikut.

1. Pengajar Praktik berasal dari lulusan Guru Penggerak Angkatan 1- 9

2. Kebutuhan Pengajar Praktik PGP angkatan 12 adalah 2.500 Pengajar Praktik.

3. Proses rekrutmen CPP PGP angkatan 12 dilakukan beberapa tahap seleksi yaitu:

● tahap 1: registrasi, pengisian dan penilaian portofolio, pengunggahan RPP dan penilaian esai;

● tahap 2 : penilaian wawancara.

● tahap 3 : pembekalan CPP

Registrasi akan dibuka pada tanggal 12 - 23 Agustus 2024

4. Tim rekrutmen calon Guru Penggerak adalah Tim Independen yang telah dibekali dengan pelatihan dan dinyatakan lulus sebagai Asesor dengan mengutamakan prinsip transparan, akuntabel, dan berkualitas.

5. Informasi proses rekrutmen calon pengajar praktik dapat dilihat pada Lampiran 2, atau pada laman: https://kspstendik.kemdikbud.go.id. Tata Cara Pelaksanaan Seleksi Tahap 2 Wawancara, dapat dilihat pada Lampiran 3.

6. Tim Seleksi mengundang guru, kepala sekolah, pengawas sekolah, kepala dinas, atau pimpinan pelamar/calon pengajar praktik di satuan tugasnya/di wilayahnya, untuk memberikan laporan/aduan berkenaan dengan rekam jejak/integritas para peserta seleksi yang dapat mencemarkan nama baik Program Pendidikan Guru Penggerak. Laporan/aduan disampaikan kepada Tim Seleksi melalui alamat email: gurupenggerakkemendikbud@gmail.com

Selanjutnya kami mohon Bapak/Ibu bersama dengan Tim PGP Dinas Pendidikan Tingkat Provinsi/Kabupaten/Kota untuk menyampaikan informasi ini kepada para guru penggerak yang memenuhi syarat di wilayah Bapak/Ibu untuk mengikuti proses rekrutmen dan seleksi calon pengajar praktik.

Bagi anda yang akan mencalonkan diri sebagai Guru Penggerak (GP) Angkatan 12, ada baiknya melihat daerah yang menjadi sasaran rekrutmen Calon Guru Penggerak (CGP) ini supaya tidak terjadi kesalahan nantinya Ketika ingin mendaftar. Jika daerah anda menjadi salah satu sasaran Rekrutmen Calon Guru Penggerak (CGP) Angkatan 12 maka tidak salahnya untuk mengikuti seleksi, hal ini dikarenakan dari program Guru Penggerak ini beragam ilmu pengetahuan dan pengalaman akan kita dapatkan dan sangat berguna untuk nantinya dapat diimplementasikan disekolah tempat kita bertugas. Untuk itu kita menyambut sangat baik program Calon Guru Penggerak (CGP) Angkatan 12 ini dan menjadi kesempatan untuk meningkatkan profesionalitas kita sebagai tenaga Pendidikan.

Berikut isi lengkap SE Kemendikbud Ristek terkait rekrutmen Calon Pengajar Praktik (CPP) Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 12

 

Download SE Kemendikbud Ristek Calon Pengajar Praktik (CPP) Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 12 disini

AKHIR KATA

Mungkin itu saja yang dapat mimin bagikan mengenai Informasi Terkait Rekrutmen Calon Guru Penggerak Angkatan 12. Yang mana Rekrutmen guru penggerak Angkatan 12 ini tidak semua daerah menjadi sasarannya, sehingga hanya ada beberapa daerah saja disetiap provinsinya yang akan menjadi sasaran rekrutmen sebagai Calon Guru Penggerak (CGP) Angkatan 12. Jadi, bagi anda yang berada di daerah sasaran rekrutmen Calon Guru Penggerak Angkatan 12 ada baiknya mengikuti seleksi tersebut karena ini menjadi kesempatan emas bagi kita untuk menggali lebih dalam lagi pengetahuan dan pengalaman di era digitalisasi seperti sekarang ini.

Bagi anda yang ingin berbagi Informasi lain tentang Informasi Terkait Rekrutmen Calon Guru Penggerak Angkatan 12 ini agar sekiranya dapat menuliskannya pada kolom komentar yang ada dibagian bawah artikel ini. Terakhir semoga artikel sederhana ini bermanfaat bagi para pembaca sekalian dimanapun berada dan mohon maaf apabila terdapat kesalahan didalam penulisan atau ada kalimat yang sulit untuk dipahami, agar sekiranya dapat memakluminya.  

Posting Komentar untuk "Informasi Terkait Rekrutmen Calon Guru Penggerak Angkatan 12"